Apa Prinsipmu?

Prinsip berdiferensiasi

Guna menciptakan variasi

Demi nutrisi

Pendidikannisasi
 


Prinsip adalah asas (kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya).

Banyak perpecahan karena perbedaan prinsip, sebagai guru kita juga harus memahami prinsip pembelajaran yang berpihak kepada murid.

Lima prinsip pembelajaran dengan paradigma baru:

  1. Merancang pembelajaran berdasarkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian dari hasil belajar murid yang saat ini sedang berlangsung dengan mempertimbangkan kebutuhan pembelajaran, sehingga menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.
  2. Merancang dan melaksanakan pembelajaran untuk membangun kapasitas pembelajar yang melekat sepanjang hayat.
  3. Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi serta karakter murid secara holistic.
  4. Pembelajaran yang relevan.
  5. Pembelajaran yang berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan

Capaian Pembelajaran

CP merukan kompetensi dan karakter yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu, yaitu seperti KI dan KD pada kur 2013.

Capaian Pembelajaran disusun dalam fase, guna rentang waktu pencapaian kompetensi yang panjang.

SMA terletak pada Fase E untuk kelas X dan Fase F untuk kelas XI dan XII.
CP berfokus pada kompetensi inti dan konten yang esensial.

Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum
Kompetensi CP diturunlan menjadi Alur tujuan pembelajar (ATP), ATP digunakan untuk menyusun modul ajar, mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Kompetensi adalah rangkaian dalam proses pembelajaran, dari awal memahami hingga mencipta.

Mengajar pada tahapan yang sesuai adalah konsep yang disemangati dalam merdeka belajar, murid akan belajar sesuai kemampuannya, dengan cara guru memberikan asestmen diagnosa awal. 


Kompetensi, CP dan Profil pelajar Pancasila

Tujuh tema Project Profil Pancasila:
  • Gaya Hidup Berkelanjutan
  • Kearifan Lokal
  • Bineka Tunggal Ika
  • Bangunlah Jiwa dan Raganya
  • Suara Demokrasi
  • Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI
  • Kewirausahaan
Struktur pembelajaran dalam kurikulum merdeka:

program pembelajaran paradigma baru bertujuan pembelajaran sepanjang hayat sesuai profil pelajar pancasila. yang diterapkan dalam intrakurikuler, eskul, dan project profil pelajar Pancasila.

Project Profil Pelajar Pancasila:
program ini adalah berbasik project sesuai tema yang dipilih satuan pendidikan, dalam pelaksanaanya kegiatan ini sendiri, baik asestmen dan alokasi waktunya. peserta didik belajar mengaplikasikan ilmu lintas disiplin.

Asesmen adalah proses pengumpulan evaluasi pembelajaran, dan memberi informasi peserta didik sebagai umpan balik dan refleksi guru dan orang tua, untuk upaya meningkatkan pembelajaran.

Kurikulum Prototype memberikan kebebasan satuan pendidikan memilih alur model pembelajaran, reguler seperti biasa setiap mapel berdiri senidri dari yang lain.
Alur model pembelajaran blok, pembelajaran di atur oleh blok-blok waktu.
Alur model pembelajaran ketiga adalah alur model pembelajaran kolaborasi menggabungkan beberapa mapel.

Dalam pelaksanaan alur model pembelajaran dipertimbangkan: sarpras dan jam ngajar guru.atau strategi lainnya.

Kurikulum prototype memberikan guru kebebasan dalam memberikan materi ajar yang penting tetap dalam paradigma baru. 

Comments

Popular posts from this blog

Buku Mayor

NonFiksi

Promo Yuk