Sesuai Zaman

 Judul : Sesuai Zaman

Gelombang : 28

Tanggal: 18 Januari 2022

Tema: Blog Sebagai Media Pembelajaran

Narasumber: Dail Ma'ruf,M.Pd

Pertemuan ke : 5


Dunia pendidikan Indonesia sedang beramai-ramai membicarakan kurikulum merdeka, platform merdeka mengajar, di dalam pembahasan tersebut, maka berkumandanglah filosofi Ki Hajar Dewantara  tentang kodrat zaman bisa diartikan bahwa kita sebagai guru harus membekali keterampilan kepada siswa sesuai zamannya agar mereka bisa hidup, berkarya dan menyesuaikan diri.

Peserta didik kita hidup di era media sosial, maka pembelajaran kita harus bermedia sosial juga. Blog salah satu sarana media pembelajaran, seperti yang diperkenalkan oleh narasumber kelas belajar menulis nusantara malam ini Bapak Dail Ma'ruf,M.Pd.




Blog sebagai sarana mengaktualisasikan diri, bisa digunakan sebagai media pembelajaran karena memotivasi peserta didik untuk mengaktualisasikan diri mereka. Berbagai macam jenis blog diperkenalkan narasumber malam ini, serasa kita berjalan dari satu cerita ke cerita yang lain, namun yang diperhatikan oleh saya sebagai seorang pendidik adalah, manfaat blog bagi pendidikan.

Manfaat pertama blog bagi pendidikan adalah sebagai rumah belajar, guru biasanya ketika malam hari telah lelah berbicara, namun ada segudang ide, dan rasa yang masih ingin dicurahkan, maka blog sebagai sarana untuk berbicara dalam diam.

Manfaat kedua blog dalam dunia pendidikan adalah meringankan tugas dan beban guru, karena bisa digunakan publikasi bahan ajar dan dapat digunakan oleh peserta didik yanglebih paham belajar dengan cara membaca.

Manfaat ketiga blog bagi peserta didik, karena materi ajar yang diringkas akan menyemangati peserta didik dalam belajar.

Manfaat keempat blog bagi pendidikan sesuai dengan slogan rumah belajar yaitu belajar dimana saja, dengan blog peserta didik dapat belajar dimana saja.

Manfaat kelima blog bagi pendidikan adalah menjalin silahturahmi dengan semua teman di berbagai tempat.

Selain keterangan narasumber, ada beberapa penjelasan manfaat blog bagi pendidikan seperti berikut: 


Setelah mendengar pendapat di atas, saya merenung, apa manfaat blog bagi saya seorang gur elah mendengar pendapat di atas, saya merenung, apa manfaat blog bagi saya seorang guru, menurut saya dengan blog saya dapat belajar menulis dan menambah pengetahuan dengan membaca. Lebih banyak diam namun berbicara lewat tulisan. Menurut pandangan saya blog selaras dengan zaman sekarang, maka dapat digunakan sebagai media pembelajaran.


Bagaimana menurut pendapat anda tentang manfaat blog bagi pendidikan?




Comments

  1. Semangat

    https://yamin19710813.blogspot.com/2023/01/blog-sebagai-media-pembelajaran.html

    ReplyDelete
  2. Guru penggerak beda ya resumenya
    Jika berkenan mampir di
    https://ragungps.blogspot.com/2023/01/bisakah-blog-sebagai-media-pembelajaran.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buku Mayor

NonFiksi

Promo Yuk