Bahan Ajar VS Buku Ajar

Judul : Bahan Ajar VS Buku Ajar

Gelombang : 28

Tanggal: 20 Februari 2023

Tema: Menulis Buku Ajar

Narasumber: Dr.Mudafiatun Isriyah,M.Pd

Pertemuan ke : 19


Narasumber kita malam ini adalah  Dr.Mudafiatun Isriyah,M.Pd, beliau adalah konselor dan penulis juga asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laud prodi Paud Unesa Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang, untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling.



Beliau alumni BM 4 asuhannya OmJay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama Prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu.

Materi kita malam ini adalah :

  1. Bahan Ajar VS Buku Ajar
  2. Pentingnya Buku Ajar dalam pembelajaran
  3. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian
  4. Cara Penulisan Buku Ajar
  5. Prinsip=Prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar.
Sebagai penulis yang diperlukan adalah komitmen, lalu yang lain akan mengikuti seperti menguasai kemampuan berbahasa.

Bahan Ajar VS Buku Ajar
Bahan ajar adalah referensi yang digunakan seseorang dalam mengajar, baik yang tertulis ataupun yang tidak, tersusun secara sistematis dan dapat tercipta di lingkungan peserta didik.

Buku ajar adalah salah satu bentuk bahan ajar, buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen dan Purwanto 2001)

Pentingnya Buku Ajar dalam pembelajaran yaitu:
  1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepasa siswa/ mahasiswa
  2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
  3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
  4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi.
  5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi.

Keuntungan Buku Ajar bagi guru atau dosen:
  1. Promosi dan kenaikan pangkat
  2. Eksistensi diri
  3. Finansial-Royalti
  4. Mendapatkan insentif
  5. Media ekspresi
  6. Branding Personal dan institusi
  7. Penguatan keilmuan 
Guru adalah agen aktivitas pembelajaran, peneliti dan pembelajar.

Jenis-jenis Buku AJar:
  1. Buku Ajar
  2. Buku Modul
  3. Diktat
  4. Petunjuk Praktikum
  5. Naskah Tutorial
Buku Hasil Penelitian atau pemikiran :
  1. Buku referensi
  2. Monograf
Buku Ajar VS Buku Teks

Buku Ajar pada umumnya:
  1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa
  2. Menjelaskan tujuan pembelajaran
  3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel
  4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai
  5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa
  6. Selalu memberikan rangkuman
  7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
  8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran
  9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa
  10. Mencantumkan petunjuk penggunaan Buku Ajar
Buku Teks Pada umumnya:
  1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
  2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran
  3. Disusun secara linear
  4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content)
  5. Belum tentu memberikan latihan teks bagi mahasiswa
  6. Belum tentu ada rangkuman
  7. Materi Buku teks 
  8. Dikemas untuk dijual secara umum
  9. Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai
  10. Tidak memberikan petunjuk caramempelajarainya
Cara Penyusunan Buku AJar :
  1. Penataan Informasi : Kompilasi dari berbagai bahan
  2. Pengemasan kembali : Dikemas segala sumber yang sesuai dengan kebutuhan kompetensi
  3. Menulis sendiri
Prinsip-Prinsip Pemilihan Materi Buku AJar:
  1. Prinsip Relevansi : Materi ajar hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir.
  2. Prinsip Konsistensi/Keajegan 
  3. Prinsip kecukupan : hendaknya cukup memadai membantu mahasiswa

Sistematika Buku Ajar :
Bab 1 : pendahuluan, penyajian, penutup, Daftar Pustaka
Senarai (glossry)

Tinjauan Mata Pelajaran : 
  • Prakata
  • Petunjuk Penggunaan Buku Ajar Bagi Mahasiswa
  • Identitas Mata Kuliah
  • Deskripsi Singkat isi buku Ajar
  • Kegunaan Mata kuliah bagi mahasiswa
  • Capaian Pembelajaran Mata kuliah

Bab 1 :
Kemampuan AKhir
Indikator
Pendahuluan terdiri dari :
  • Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang cakupan bab tersebut
  • Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau bermanfaat bagi mahasiswa.
Penyajian :
  • Uraian atau penjelasan materi
  • Ilustrasi
  • Tugas dan Latihan
  • Rangkuman
Penutup :
  • Penilaian, konsistensi dengan rumusan indikator dan kemampuan akhir,
  • Umpan balik untuk dapat menilai diri sendiri hasil belajarnya (kunci Jawaban Tes)
  • Tindak Lanjut.
Daftar Pustaka
Senarai
Daftar Index jika diperlukan


Semangat Berkarya


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buku Mayor

NonFiksi

Promo Yuk