Majalahku

Judul: Majalahku

Gelombang : 28

Tanggal: 1 Februari 2023

Tema: Mengelola Majalah Sekolah

Narasumber: Widya Setianingsih,S.Ag

Pertemuan ke : 11


Betapa senang ketika nama kita tercantum di sebuah buku atau majalah sekolah, saya sebagai guru waktu itu saja bangga apalagi siswa kita, malam ini kita di KBMN angkatan 28 diajar cara mengelola majalah sekolah oleh narasumber kita Ibu Widya Setianingsih,S.Ag.


Saya sudah pernah menulis di majalah sekolah, saya memberikan opini tentang yang sedang terjadi di sekolah. Keberadaan majalah sekolah sangat bagus, menjadi sarana kreatifitas peserta didik, dan meningkatkan budaya lliterasi. Majalah bisa juga sebagai media komunikasi, majalah sekolah seyogyanya bersifat informatif, edukatif, dan kreatif.

Menurut KBBI: majalah adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca.
Waktu penerbitannya dibedakan atas majalah bulanan, tengah bulanan, mingguan dan sebagainya.
menurut pengkhususan, isinya dibedakan atas majalah berita, anak-anak, wanita, remaja, olahraga, sastra, ilmu pengetahuan tertentu dan sebagainya.

Majalah sekolah hanya beredar di dalam lingkungan sekolah, dan menuliskan tentang yang terjadi di sekolah.
Dalam mengelola majalah sekolah terdapat beberapa tantangan dan kendala dimulai dari SDM, Dukungan Sekolah, SUmber Dana, Dukungan Stake Holder.

Langkah-langkah menerbitkan majalah sekolah dimulai dari SDM, sebagai penyatu ide dan gagasan, dan didukung sumber dana, dan dukungan sekolah dengan diajukan proposal meliputi latar belakang, tujuan, susunan redaksi, anggaran, dana dan sebagainya.

Jika sudah terbit majalahnya maka sangat diperlukan masyarakat dalam hal promosinya.

Susunan redaksi majalah sekolah: Penasehat yayasan, penanggung jawab adalah kepala sekolah, pemimpin redaksi seorang guru. Team yang terbentuk adalah editor, layout, reporter, fotografer, dan bendahara. Namun ada satu peran yang sangat penting adalah melibatkan wali kelas, karena wali kelas yang lebih banyak berkecimpung dengan peserta didik.

Garis besar artikel yang ditampilkan:
Pertama: visi dan misi sekolah
Kedua : Salam redaksi
Ketiga Berita sekolah
Keempat : Profil guru
Kelima : Profil siswa
Keenam: Karya siswa
Ketujuh : Kegiatan siswa
Kedelapan : Games atau humor
Kesembilan: prestasi sekolah
Kesepuluh : Kalimat penyemangat.

Untuk mendapatkan hak paten bagi majalah kita bisa mengajukan di ISBN dan QRCBN.

Dalam menyusun majalah sekolah sangat penting memperhatikan bahasa yang dipakai, menentukan tema yang lagi booming agar menarik pembaca, Membuat cover dan Layout yang menarik, Pembiayaan, percetakan.

Para pengelola majalah sekolah agar selalu maju maka perlu selalu mengupgrade ilmu dengan cara membaca juga majalah-majalah lain, dan rajin menulis.

Semua ini tak akan berjalan lancar jika tak ada kesatuan di dalam sekolah.

Salam dari Papua Tengah





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buku Mayor

NonFiksi

Promo Yuk