Mengenal

 




Guru harus mengenal peserta didiknya, maka yang diterapkan adalah identifikasi peserta didik kita.

Identifikasi Kebutuhan Kognitif Murid

Untuk mengidentifikasi kebutuhan kognitif murid, kita harus memahami 4 area kebutuhan murid, yaitu: kognitif, sosial, afektif, dan psikomotorik.

Dalam mengajar ada baiknya guru mengeksplorasi lingkungan sekitar peserta didik agar sesuai dengan kehidupan peserta didik.


Dalam pembelajaran yang berpusat pada murid, guru dapat mempertimbangkan pengetahuan dasar murid karena murid kita telah mempunyai kemampuan dalam diri mereka.di lingkungan mereka.

Prinsip kognitif, pengetahuan baru dibangun atas pengetahuan lainnya.

Cara mengidetifikasi awal adalah bertanya langsung kepada murid, menganalisis topik-topik pelajaran dan bertanya pada murid, menulis bebas peserta didik yang menulis, penjelasn dari pilihan topiknya. Guru membuat preassesment.

Setelah melakukan identifikasi awal dan validasi maka guru melaksanakan pemetaan karakteristik murid dan strategi pembelajaran

Dengan membuat pemetaan akan membantu kita dalam memenuhi kebutuhan belajar murid, dan membantu mereka dalam menjalani proses pembelajaran dengan efektif.

Identifikasi Kemampuan Membaca Awal

Membaca adalah kecakapan fundamental penentu keberhasilan murid di jenjang pendidikan formal. Kemampuan membaca awal ditentukan oleh aktivitas pra membaca di usia dini yang melibatkan pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman, dan pengecapan. Maka seorang murid tunanetra pun dapat membaca buku berhuruf braille dengan cara meraba huruf-huruf tersebut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca peserta didik: 
  1. Faktor motorik
  2. Faktor Sosial-ekonomi-budaya
  3. Faktor fisiologis dari organ oralnya
Indikator Identifikasi Kemampuan Membaca Awal
  1. Mengenal Bentuk dan Melafalkan Bunyi Huruf, menggunakan poster, gambar. dan benda nyata.
  2. Membaca Suku Kata, tunjukan buku dengan konten suku kata. kartu suku kata
  3. Sikap Membaca, Lihat fokus membaca, melihat arah mata murid.
  4. Pemahaman, tanyakan hal-hal konten cerita, seperti nama tokoh, makna kata.
  5. Jumlah Kosakata, guru menggunakan bahasa ibu untuk kosa kata sulit, menempel didinding kelas
  6. Kemampuan Menulis, postur tubuh, menulis dengan tekanan yang pas, hentakan tulisan.
Setiap indikator di atas memiliki rubrik yang dapat digunakan guru.

Salam dan Bahagia




Comments

Popular posts from this blog

Buku Mayor

NonFiksi

Promo Yuk