Strategi
Ragam Strategi Manajemen Kelas.
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang efektif, terapkan manajemen kelas yang baik, sehingga murid dapat belajar dengan optimal.
Setiap murid memiliki profil belajar kesiapan kebutuhan dan minat yang berbeda-beda, sehingga kita bantu memetakan murid untuk membantu proses pembelajarannya. Ketika kita sudah menyesuaikan rencana pembelajaran sesuai dengan kebutuhan murid, sekarang saatnya kita menyiapkan suasana kelas yang nyaman, teratur dengan pengaturan manajemen kelas yang tepat.
Manajemen kelas merupakan usahan yang diarahkan untuk mewujudkan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga murid dapat termotivasi dalam belajar.
Lima elemen sikap menurut (Swift dan Spivack) sebagai prinsip pelaksanaan manajemen kelas yang baik, yaitu:
- Hubungan individu guru dan murid yang erat
- Guru menjadi contoh dan teladan yang baik
- Adanya budaya disiplin postif
- Keyakinan Kelas
- Murid memiliki pengendalian diri yang berasal dari dalam diri
- Melibatkan murid
- Penentuan tata ruang kelas
- Hubungan positif antara guru dan murid, posisikan diri kita sebagai manajer kelas, dan simpati kepada murid
- Kesepakatan kelas, dilakukan sesuai keyakinan kelas
- Pengelompokan kelas
- Kelompok dengan tingkat kesiapan belajar yang bervariasi
- Kelompok dengan tingkat kesiapan belajar yang sama
- Kelompok fleksibel: kemampuan berkomunikasi, kedekatan murid.
- Keyakinan Kelas
- Pengelompokan murid, buatlah kelompok-kelompok kecil agar terlihat murid aktif. sarana modul gratis, dan game sonline
- Melibatkan murid, menentukan target.
- Tentuksn waktu pengumpulan tugas, bertanya dan mengumpulkan tugas.
- Rotasi tetap daring
- Rotasi tetap disekolah
- Kelas terbalik: murid belajar dahulu di rumah, lalu murid mendiskusikan di kelas dan mengevaluais dalam mengerjakan tugas projek tertentu sebagai kegiatan.
Comments
Post a Comment